Jenis-jenis Ban
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat
dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord
ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut
terhadap keliling lingkaran ban.
[3]
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat
sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping
konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari
ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan
diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau
"Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya
dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini
juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.
[4]
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990.
[5]
Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam
seperti ban pneumatik seperti biasanya. Ban tubeless memiliki tulang
rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga
mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan
flensa dari velg roda logam.
[6]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar