Kawasaki memang dikenal sebagai perusahaan pembuat
kapal, lokomotive, pesawat, motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki
mendirikan Kawasaki di Tokyo sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun
1881 Kawasaki Hyogo Shipyard, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo,
dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki
Shipyard Corp. Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam
dan supertanker. Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi
pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation. Di tahun
1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri motor dengan
memproduksi engine motor.
Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke, dan juga 150cc dan 250cc 4
stroke dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, dimana dulunya telah
mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun
1954, Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu.
Pada sat yang bersama kawasaki juga memproduksi scooter, namun mereka
sadar bahwa agak berat untuk bersaing dengan ‘giant’ industry scooter
saat itu Fuji Rabbit dan Mitshubishi Silver Pigeon.
Sejarah Kawasaki Motor sendiri nggak bisa dipisahkan dengan Meguro
Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal sebagai “Senior” dibandingkan
Honda, Yamaha dan Suzuki dan dianggap sebagai “King of Four Stroke”.
Meguro memasuki industri motor Jepang di tahun 1937, dan mempunyai
hubungan yang baik dengan pemerintah dan menerima order yang banyak
terutama untuk kebutuhan militer. Motornya pertama adalah Z97, 500cc
rocker-valve yang dipengaruhi oleh motor Swiss Motosacoche. Motor ini
cukup sukses dan terus diproduksi sampai tahun 1950-an. Disamping itu,
Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana
juga high performance twin cylinder. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun
dibuat oleh Meguro dan pantaslah dianggap sebagai senior karena tahun
segitu sudah berat-berat buatannya. Di tahun 1960, Meguro diakusisi oleh
Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar